Macam-macam Font Terbaik untuk Desain Grafis

564 views

Perkembangan dunia digital memungkinkan untuk membuat berbagai hal dengan desain yang atraktif. Salah satu elemen pentingnya adalah penggunaan font untuk membuat tulisan selain terbaca jelas namun juga terlihat menyatu dengan keseluruhan desain.

Ambil contohnya kemasan kotak minuman, tulisan di Billboard atau logo perusahaan. Selain gambar yang menarik, tulisannya juga perlu font untuk desain grafis yang bagus.

macam-macam font untuk desain grafis

Macam-macam Font Untuk Kebutuhan Desain Grafis Paling Populer

Memilih font untuk sebuah desain bukan hanya mempertimbangkan keserasian bentuk, bahkan ada efek psikologis dibaliknya yang juga perlu dipertimbangkan.

Semua tentu dikembalikan lagi pada konsep desainnya. Bisa mencari font yang terlihat modern, klasik, terbaca dengan tegas, minimalis atau bahkan tebal.

Ada ribuan pilihan font yang dapat dipilih untuk membuat rancangan desain grafis menonjol, berikut infoproduksi.com berikan diantaranya.

 1. Georgia

Georgia

Font ini termasuk jenis huruf yang memiliki tampilan counterstroke. Susunan hurufnya memiliki garis-garis kecil yang tegak pada badan font yang digunakan. Fitur inilah yang membuatnya lebih mudah dibaca dibandingkan font lainnya. Kebutuhan desain grafis tidak selalu untuk bagian besarnya seperti Judul atau logo. Jenis font ini sangat cocok untuk menjadi bagian isi dari sebuah desain grafis.

2. Verdana

Verdana

Berbeda dengan font sebelumnya yang diperuntukan untuk dibaca secara detail. Verdana berbentuk solid dan lebih tegas untuk dibaca namun lebih dekoratif. Oleh karena itu penempatannya pada desain bisa dibuat lebih besar karena bentuknya yang modern.

3. Rockwell

Rockwell

Termasuk jenis font yang cenderung memanjang. Bila ada kebutuhan penataan desain, maka font ini sangatlah cocok. Umumnya sangat berguna untuk judul surat kabar, buku, dan poster.

4. Slab Serif

Slab Serif

Ada banyak pilihan font yang mengeluarkan beberapa versi. Baik lebih tebal, tipis, miring atau bahkan huruf sambung. Slab Serif adalah font yang cukup variatif dan menyediakan banyak variasi. Fontnya sendiri banyak digunakan karena terlihat modern namun simple pada waktu yang bersamaan.

5. Modeka

Modeka font

Ada banyak font yang bisa di gunakan secara gratis untuk kebutuhan grafis. Bila ingin font untuk desain grafis yang ringan dengan tampilan elegan maka Modeka bisa jadi opsi. Pembuatanya dengan sudut membulat memberikan kesan berbeda dari font lain yang lebih kaku dan tegas.

6. Reckoner

Reckoner

Untuk kebutuhan grafis bisa juga menggunakan font hasil kreasi seorang graphic designer terkenal. Bisa dipastikan font Reckoner dari Alex Dale merupakan koleksi penting untuk mendesain. Bentuknya menarik walau tetap mempertahankan dasar font konvensional.

7. Aurora Script

Aurora Script

Selalu ada kebutuhan untuk memiliki font yang indah bagai ukiran menyerupai kaligrafi dengan lekukan yang atraktif. Aurora Script akan mempertegas desain apapun dengan tampilan klasik yang mewah.

Itulah 7 font terbaik yang paling populer dan sering disunakan untuk desain grafis. Semua dapat digunakan dengan bebas dan dapat diunduh secara gratis pula dari berbagai plaforn untuk font.

Dengan pilihan font yang pas maka apapun desain anda akan menjadi lebih menarik, kreatif, sesuai dengan konsep awalnya.

author
Author: