Ini Dia Perbedaan dan Jenis Bahan Spanduk yang Perlu Kamu Ketahui

1589 views

Jenis Bahan Spanduk

Spanduk atau banner sangat diperlukan dalam dunia akademis atau untuk kepentingan umum. Kalau dulu sih bahan yang digunakan untuk membuat spanduk ini memang hanya kain yang kemudian disablon. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi dalam dunia percetakan, bahan baku lain untuk membuat spanduk semakin banyak. Hal ini membuat spanduk yang sering kita lihat tambah menarik perhatian. Di luar desain yang dibuat menarik, bahan tersebut tentulah harus tahan di luar ruangan dalam jangka waktu yang lama. Lalu, apa saja sih jenis bahan spanduk yang sering dipakai? Yuk, simak dalam ulasan infoproduksi.com berikut ini.

Bahan Cloth yang Bisa Dipakai untuk Indoor atau Outdoor

Jenis bahan untuk spanduk yang pertama adalah bahan cloth. Material satu ini bisa kamu jumpai di area pusat perbelanjaan, ia juga bisa digunakan sebagai dekorasi pada jendela dan dinding bangunan. Nah, keuntungan spanduk jenis ini bisa digunakan untuk keperluan dalam atau luar ruangan. Jangan kaget kalau kamu menemukannya di berbagai event besar, pagar sepanjang jalan, digantung pada jembatan, atau mungkin sebagai bahan dasar mencetak bendera, karena semakin hari dunia percetakan mengalami perkembangan, maka bahan cloth ini juga semakin punya kualitas yang baik.

Jenis Bahan Spanduk dari Flexi

Jenis Bahan Spanduk dari Flexi

Nah, untuk bahan yang satu ini dibagi lagi dalam tiga jenis, yakni flexi China, flexi Korea, dan flexi Jerman. Lalu, apa saja sih perbedaan dan keunggulannya? Kalau kamu mencari jenis bahan spanduk yang mudah ditemukan dan murah meriah, maka kamu bisa memakai flexi China. Flexi China ini memang punya harga yang bersahabat, namun ia tidak begitu tahan lama kalau ditaruh outdoor. Flexi China yang paling banyak kita jumpai adalah di berbagai toko kelontong. Kalaupun ada untuk acara khusus, maka event tersebut dipastikan hanya sementara yang tak memakan banyak waktu.

Selain flexi China, ada flexi Korea dan flexi Jerman. Kedua bahan ini hampir mirip, hanya saja flexi Jerman memang yang paling tahan lama. Perbedaan lainnya, kalau flexi Korea lebih sering digunakan untuk X banner atau Y banner serta spanduk untuk event dengan jangka waktu lumayan panjang, flexi Jerman biasanya dipasang di tempat yang sulit medannya dan tidak akan sering diganti. Namun, sejauh ini, kedua jenis flexi ini lebih tahan lama dibandingkan flexi China.

Spanduk yang Terbuat dari Bahan Poly

Spanduk yang Terbuat dari Bahan Poly

Jenis bahan spanduk yang terakhir adalah jenis poly. Untuk bahan poly sendiri mungkin bisa dikatakan sebagai material spanduk yang punya daya jual murah. Bahan poly ini memang dirancang untuk spanduk event yang digelar dalam jangka waktu singkat, seperti acara 17 Agustus. Biasanya bahan poly digunakan untuk membuat umbul-umbul event. Poly sendiri dibagi lagi dalam dua jenis, yaitu poly A dan poly B. Perbedaan keduanya adalah, poly A punya konstruksi yang lebih lebar, yaitu 50×46, sedangkan poly B punya konstruksi yang tidak begitu lebar, hanya 50×34 saja.

Semoga dengan adanya informasi mengenai spanduk ini dapat membantu kamu dalam menentukan pilihan terbaik khususnya dalam pembuatan spanduk. Semua jenis memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing jadi sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya.

author
Author: