Cara Membuat Tali Lanyard Beserta Proses Penting yang Ada di Dalamnya

Cara Membuat Tali Lanyard Beserta Proses Penting yang Ada di Dalamnya

Salah satu usaha yang mulai berkembang di masyarakat adalah produksi tali lanyard yang menciptakan tali berkualitas dengan beberapa tahap dalam pembuatannya. Tali lanyard sendiri memiliki banyak sekali keunggulan sehingga banyak ditemukan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu penggunaan yang paling umum dan memiliki banyak permintaan adalah sebagai tali id card.

Langkah Penting dalam Membuat Tali Lanyard

Untuk membuat tali lanyard yang berkualitas, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan agar pembuatannya sesuai dengan keinginan.  Proses pembuatan ini sangat penting diketahui oleh karyawan produksi tali lanyard, atau pun masyarakat umum sebagai penambah wawasan, langkah-langkah tersebut meliputi

1. Memilih Bahan

Tali lanyard memiliki banyak pilihan bahan yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan dengan keunggulan dan kekurangan yang dimiliki masing-masing bahan. Beberapa bahan yang bisa menjadi pilihan dalam memuat tali lanyard diantaranya polyester, nylon atau tisu.

Jika ingin membuat tali lanyard dengan metode digital printing, maka bahan tisu lebih baik digunakan agar hasil printing tampak halus dan tidak mengelupas. Sementara bahan polyester  yang permukaannya kasar lebih sesuai digunakan dengan metode sablon.

2. Memilih Warna dan Ukuran

Setelah bahan ditentukan, maka langkah selanjutnya adalah mengukur tali yang akan digunakan serta memilih warna yang sesuai keinginan. Pengukuran tali ini nantinya akan mempengaruhi proses percetakan agar terjadi kesesuaian antara desain pada digital dengan tali yang akan menjadi wadah desain tersebut.

3. Mendesain Motif

Memilih dan mendesain motif atau bentuk tulisan yang diinginkan menjadi proses yang paling sulit dalam pembuatan tali lanyard, karena membutuhkan ketelitian dan keahlian khusus. Sebelum membuat sketsa pada komputer, seseorang bisa menuangkan sketsa pada kertas dengan menggunakan pensil untuk mempermudah pekerjaan.

4. Mencetak  Desain Pada Tali

Langkah terakhir dalam membuat tali lanyard adalah mencetak desain pada tali yang sudah disediakan jika metode yang digunakan dengan digital printing. Sementara untuk metode sablon, desain yang ada dicetak terlebih dahulu pada kertas kalkir yang selanjutnya dipakai untuk membuat film pada screen

Itulah beberapa cara membuat tali lanyard yang bisa dijadikan pedoman untuk pemula dalam usaha produksinya. Hal penting yang harus diingat dalam setiap prosesnya adalah ketelitian serta pengalaman. Jika belum berpengalaman dalam membuat tali lanyard maka dibutuhkan pelatihan sebelum terjun langsung dalam proses pembuatannya.

author
Author: