Mau Buka Bisnis Foto Copy? Inilah Hal yang Wajib Kamu Tahu!

41 views

Bisnis foto copy memang sudah menjamur dimana-mana, apalagi di daerah perkotaan seperti Jakarta. Sudah tidak mengherankan lagi jika kita dapat dengan mudah menjumpai jasa foto copy Jakarta .

Hal ini dikarenakan adanya kebutuhan dari masyarakat untuk melakukan foto copy dokumen, print file, dll. Terutama di daerah kampus, biasanya ini menjadi sentra berkumpulnya usaha foto copy.

Memulai Bisnis Foto Copy

Bisnis Foto Copy

Jika Anda memiliki cukup modal dan tempat di lokasi yang strategis, tidak ada salahnya untuk membuka bisnis foto copy sebagai usaha sampingan Anda.

Ini adalah jenis usaha yang cukup menjanjikan, terutama jika Anda membuka usaha ini di area kampus. Mengapa begitu? Tentu saja karena setiap hari, pasti akan ada mahasiswa yang membutuhkan jasa Anda untuk print tugas atau sekedar foto copy. Namun sebelum memulainya, pastikan Anda sudah mengetahui beberapa hal penting dalam bisnis ini.

Modal Usaha Foto Copy

Diperlukan investasi yang cukup besar dalam membuka bisnis foto copy. Berikut ini modal usaha mutlak yang pertama-tama perlu Anda siapkan.

1. Sewa Tempat Usaha

Sangat bagus jika Anda memiliki tempat seperti rumah atau ruko yang lokasinya strategis dan dapat digunakan untuk usaha jasa foto copy Anda.  Namun jika tidak, Anda bisa menyewa tempat usaha atau ruko untuk memulai bisnis ini. Tidak perlu terlalu luas, setidaknya cukup untuk diletakan beberapa peralatan foto copy, nantinya.

2. Pembelian Peralatan Foto Copy

Adapun beberapa peralatan foto copy yang perlu Anda miliki, diantaranya yaitu:

  • Mesin foto copy
  • Alat pemotong kertas
  • Mesin laminating
  • Alat untuk penjilidan, dan
  • Rak etalase

Beberapa jasa foto copy Jakarta dan sekitarnya juga menyediakan jasa print file. Jika Anda ingin demikian, maka komputer dan mesin printer perlu masuk dalam daftar peralatan yang perlu disiapkan untuk usaha foto copy Anda.

3. Pembelian Barang Operasional

Selain peralatan-peralatan foto copy, barang-barang operasional juga perlu dipersiapkan secara berkala sesuai dengan kebutuhan. Barang-barang tersebut ialah, seperti:

  • Kertas
  • Tinta
  • Plastik
  • Peralatan-peralatan tulis

Pengetahuan Printing dan Foto Copy

Jika modal usaha foto copy Anda telah terpenuhi, maka sudah saatnya Anda mempelajari bagaimana mengoperasikan semua peralatan tersebut. Tidak dibutuhkan terlalu banyak waktu untuk mempelajarinya. Bahkan Anda bisa mengetahui caranya dengan browsing melalui internet.

Pelajari banyak hal lainnya juga, seperti mengenai jenis dan ukuran kertas, cara menjilid yang rapi, dsb. Hal ini sangatlah penting karena usaha ini membutuhkan kecepatan, ketepatan, dan juga kerapian.

Penjualan Alat Tulis Kantor (ATK)

Pada umumnya, jasa foto copy Jakarta maupun kota lainnya tidak hanya menyediakan jasa print dan foto copy saja, namun juga menjual alat -alat tulis kantor (ATK) sebagai pendampingnya.

Seperti yang kita tahu, orang-orang tidak selalu melakukan foto copy, tapi kebutuhan akan ATK dapat berasal dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak sekolah hingga pekerja kantoran. Maka dari itu, hal ini dapat membantu usaha Anda agar tetap stabil.

Tips Agar Bisnis Foto Copy Ramai

Saat baru memulai bisnis foto copy Anda, mungkin di awal tidak bisa langsung ramai dikunjungi orang begitu saja. Berikut ini 3 tips dari warujayaprinting.com yang bisa Anda coba.

1. Pasang Banner

Penting untuk memasang banner di sekitar tempat usaha Anda. Terutama jika target Anda adalah mahasiswa, maka tidak ada salahnya mencoba untuk memasang banner di depan kampus.

2. Promosikan Secara Online

Promosi di internet itu gratis. Anda bisa melakukan posting penawaran menarik melalui media sosial.

3. Bonus Pembelian

Sebagai pembukaan bisnis Anda, menawarkan diskon atau bonus pembelian secara cuma-cuma kepada pelanggan adalah strategi marketing yang tepat. Mahasiswa cenderung menyukai hal-hal berbau promo dan diskon. Maka dari itu, gunakan strategi ini juga untuk mempromosikan bisnis Anda.

author
Author: