Apa itu Digital Printing? Kenali Lebih Dalam Disini

518 views

Di zaman yang serba modern ini atau yang lebih dikenal dengan Era Digital segala sesuatu yang dahulu kala mustahil  kita dapat dilakukan. Pesatnya perkembangan zaman ini lantaran hampir setiap tahun pasti ada saja berbagai penemuan baru yang sangat membantu dalam kehidupan manusia. Salah satu bentuk penemuan yang sangat banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia adalah dengan ditemukannya mesin pencetak atau sering disebut mesin digital printing. Hampir semua orang tentunya sudah paham betul mengenai apa itu digital printing.

Apa itu Digital Printing

Digital printing ini adalah media percetakan yang melibatkan perangkat komputer serta mesin printer sebagai media utamanya. Dengan kedua perangkat tersebut saat ini hampir semua benda dapat dicetak gambar di atasnya contohnya tali lanyard.

Apa itu digital printing bisa juga disebut sebagai pengganti metode sablon yang terlebih dahulu muncul. Yang membedakan digital printing dengan sablon adalah metodenya, jika sablon masih biasa dilakukan secara manual berbeda dengan digital printing yang lebih mengandalkan mesin pencetak.

Jenis-Jenis Digital Printing

Apabila Anda menjadi salah satu orang yang tertarik dengan digital printing beserta seluk beluk di dalamnya ada baiknya Anda terlebih dahulu mempelajari berbagai macam dari digital printing itu  sendiri, di antaranya sebagai berikut :

1. Screen Digital Printing

Screen Digital Printing

Jenis dari digital printing yang pertama adalah Screen Digital Printing. Screen Digital Printing bisa juga disebut sebagai metode sablon dengan menggunakan alat printer dan tidak lagi dilakukan secara manual karena menggunakan peralatan yang cukup canggih tentunya hasil sablon dari metode digital printing ini akan jauh berbeda dengan sablon yang masih manual.

Selain itu keunggulan lain dari Screen Digital Printing ini adalah dapat memproduksi sablon dalam partai besar dengan waktu yang cukup singkat. Bukan hanya sebatas pada kain saja yang dapat disablon menggunakan Screen Digital Printing ini melainkan juga dapat mencetak di atas plastik dan berbagai bahan lainnya.

2. Digital Offset Printing

Digital Offset Printing

Selain Screen Digital Printing yang fokus pada urusan sablon ada juga Digital Offset Printing. Sesuai dengan namanya mesin printing ini biasa melayani percetakan yang berhubungan dengan kertas atau buku, sehingga Digital Offset Printing biasa dikenal dengan percetakan. Bukan hanya sebatas buku saja, mesin printer canggih ini juga dapat mencetak kertas dengan berbagai macam jenis dan ukuran.

3. Mug / Keramik Printing

Mug Printing

Digital printing juga mampu mencetak di atas bahan yang sebelumnya tidak mungkin untuk dapat disablon seperti bahan mug ataupun keramik. Biasanya bahan keramik ini banyak dipergunakan sebagai souvenir ataupun hiasan.

4. Large Format Digital Printing

Large Format Digital Printing

Mesin digital printing yang satu ini memang khusus untuk mencetak berbagai bahan yang berukuran super jumbo seperti banner, spanduk, dan lain sebagainya, karena untuk mencetak sesuatu yang berukuran sangat besar maka dapat dipastikan mesin dari printer ini ukurannya sangat besar dan harganya juga cukup mahal.

Dengan melihat dan mempelajari dari berbagai macam jenis dari digital printing tersebut maka secara otomatis Anda sedikit banyak akan mulai paham tentang apa itu digital printing. Banyaklah berkonsultasi dan segera siapkan budget Anda apabila ingin membuka bisnis digital printing ini.

author
Author: